Komitmen Australia Atasi Kemiskinan di Indonesia

Posted: December 8, 2011 in All News, Dunia Politik
JAKARTA – Direktur Jenderal program bantuan pembangunan Pemerintah Australia (AusAID), Peter Baxter, berada di Indonesia untuk memperkuat kerja sama pembangunan Australia dengan Indonesia. Baxter datang untuk meninjau secara langsung hasil kerja program bilateral terbesar Australia.
Tahun anggaran 2011-12 ini, Australia telah mengalokasikan 558,1 juta dolar Australia untuk pengurangan dampak kemiskinan bagi 110 juta penduduk Indonesia yang hidup dibawah USD2 per hari.
Selama kunjungannya, Peter Baxter akan bertemu dengan pejabat tinggi pemerintah termasuk Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Prof. Dr Armida Alisjahbana. Ia juga akan berkunjung ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan untuk meninjau kegiatan-kegiatan yang didukung oleh program bantuan Australia.
“Sebagai negara tetangga dan sahabat, Indonesia akan tetap menjadi salah satu program terbesar kami. Australia telah berkomitmen meningkatkan bantuan untuk Indonesia guna mempercepat pencapaian Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs),” ujar Baxter dalam keterangan pers yang dikirim kepada okezone, Selasa (2/8/2011).
“Saya menantikan kunjungan saya ke Kalimantan dan melihat langsung hasil nyata bantuan Australia di Indonesia,” ungkap Peter Baxter.
Di Kalimantan, Peter Baxter berencana untuk mengunjungi beberapa proyek pedesaan yang didukung oleh Program Nasional Permberdayaan Masyarakat (PNPM). Australia memberikan komitmen sebesar 215 juta dolar Australia untuk lima tahun kepada program ini.
“Saya ingin melihat program bantuan Australia bekerja dengan masyarakat untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan memperbaiki akses ke kesehatan, pendidikan dan infrastruktur,” ujar Baxter.
Baxter juga berencana mengunjungi rumah-rumah yang telah tersambung pipa air bersih dan saluran pembuangan limbah yang lebih baik. Ini merupakan bagian dari program bantuan Australia menyediakan 77.000 sambungan air bersih dan 5.000 saluran pembuangan limbah untuk rumah tangga miskin di kawasan perkotaan Indonesia.
“Australia bangga dapat bekerja dengan Indonesia untuk membantu mencapai MDGs dengan menyediakan akses ke air minum bersih dan sanitasi dasar kepada hampir separuh masyarakat pada 2015,” ujar Peter Baxter.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s